19
september 2011 hari pertama masuk kuliah dan mata kuliah pertama adalah
komputer grafik. Mata kuliah ini diajar oleh pak cucun, biasanya pada pertemuan
pertama hanya perkenalan dan penerangan tentang silabus dan mata kuliah
tersebut membahas apa. Pada mata kuliah
komgraf(komputer grafik) pak cucun membahas tentang apa itu komputer grafik dan
beberapa materi yang termasuk dalam komputer grafik, seperti jenis gambar dan
sejarah komputer grafik. Disini saya akan merangkum materi komputer grafik pada
pertemuan pertama yaitu mengenai apa itu komputer grafik, materi yang termasuk
didalamnya, dan sejarah komputer grafik.
Komputer
grafik adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi
model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik
dan bahkan struktur abstrak.Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun
1960 oleh William Fetter:
pembentukan disain model cockpit(Boeing) dengan
menggunakan penplotter dan referensi model tubuh manusia 3
Dimensi. Komponen
dasar sistem grafik interaktif ada
berupa masukan (mouse,
tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll), Proses
dan Penyimpanan yang
kemudian image dikirim ke frame buffer, dan hasil output di keluaran(layar,
printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll).
![]() |
komponen sistem grafik |
Jenis gambar yang ada di dalam komgraf terbagi menjadi 2, yaitu vektor dan raster. Vektor adalah penggunaan bentuk-bentuk geometri primitif (contoh: titik/point, garis lurus/line, garis lengkung/curve, bangun datar/shape/polygon) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar.
![]() | |
vektor |
Sedangkan
raster adalah Struktur data yang merepresentasikan piksel dalam
grid, atau titik-titik warna, yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas, atau
medium lain.
![]() |
vektor VS raster |
Sejarah komgraf adalah di awal tahun 60-an dimulainya
model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
Di pertengahan tahun 1960-1970 ada wireframe graphics, sketchpad,
display processor, dan tabung penyimpanan direct view. Wireframe
graphics yang hanya dapat
menggambar garis dan
hasil yang dapat di representasi wireframe dari obyek bumi.
![]() |
globe wireframe |
Sketchpad
ditemukan oleh Ivan Sutherland’s PhD di MIT dengan melihat
potensi dari interaksi manusia – mesin,
dengan cara Loop
yaitu menampilkan sesuatu dengan
user menggerakkan light pen dan komputer
membuat display/tampilan baru.
Sutherland juga membuat banyak algoritma komgraf yang
umum digunakan sekarang.
Display processor digunakan untuk untuk me-refresh tampilan
daripada menggunakan host computer.
Cara kerja Display processor adalah graphics disimpan di display
list (display file) pada display processor
dan Host compiles display list dan mengirim ke display
processor. Tabung penyimpanan direct view dibuat
oleh Tektronix,
kelebihan dari tabung penyimpanan direct view adalah tidak
memerlukan constant refresh,
standard interface pada computers, dapat
digunakan oleh standard software,
plot3D pada Fortran, relatif murah,
dan membuka peluang penggunaan computer graphics untuk
komunitas CAD . perkembangan komgraf pada tahun 1970-1980 ada
raster graphics yang merepresentasikan Image dalam
bentuk array (the raster) dari picture elements (pixels) pada frame
buffer.Selain itu, raster graphics memungkinkan perpindahan dari gambar garis dan
wireframe ke polygon terisi.
![]() |
dari wireframe ke polygon terisi |
Selain raster graphics di tahun 1970: Pierre B´eezier
mengembangkan kurva B´eezier,
tahun 1972: ditayangkannya film Westworld,
sebagai film pertama yang menggunakan animasi computer, tahun 1974: Ed
Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger: Keyframe
animation and morph ing,
tahun 1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump
mapping, tahun 1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik
komputer , tahun 1979:
Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star, dan di pertengahan
tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai
main-stream aplikasi realtime.
Perkembangan komgraf di tahun 1980-1990, tahun 1982:
Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel, tahun 1984:
Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last
Star Fighter, tahun 1986:
Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi
dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar),
dan tahun 1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award. Perkembangan komgraf pada tahun
1990-2000, tahun 1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney)
sebagai film 3D animasi panjang pertama.
Di akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi
interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image
based rendering, path tracing, photon maps, dll, dan pada tahun 2000
ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering, graphics
cards untuk pc mendominasi pasar ,
nvidia, ati, 3dlabs, game box dan game player menentukan arah pasar, movie
computer graphics menjadi rutin: maya, lightwave , dan programmable pipelines.
Di
atas dijelaskan mengenai pemakaian scanner sebagai perangkat input, di akhir
rangkuman ini akan dijelaskan cara kerja scanner memperoleh gambar. Scanner
atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut dengan pemindai, merupakan suatu
alat elektronik yang digunakan untuk memindai suatu objek gambar atau dokumen
yang kemudian hasil pemindaian itu akan diubah menjadi bentuk digital di dalam
komputer. Cara kerjanya mirip dengan mesin fotocopy hanya hasil outputnya
ditampilkan di monitor. Pada scanner flatbed ,
kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai
akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya. Pada
pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan
dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di
atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang
merepresentasikan kertas tersebut.
komputer grafik matkul tentang animasi ya??
BalasHapusaq bru bljar nie tntang bwt blog,,blog qm smple tp bgus jg. .tkeran blog ya,,pny q aanwearyo.blogspot.com. .
mkasey :)