Minggu, 09 Oktober 2011

KOMGRAF PART III : Web Semantik


Interconnected Network atau Internet dikenal sejak perang dingin antar NATO dan USSR. Internet merupakan kumpulan dari jaringan komputer diseluruh dunia yang saling berkomunikasi. Internet digunakan untuk saling bertukar data dan informasi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, internet digunakan untuk berbagai macam aplikasi seperti pesan elektronik, video conference, chatting dan pencarian informasi. Hypertext Markup Language disingkat sebagai HTML umumnya mampu menyajikan data yang dibaca manusia yang hanya dapat dibagi dalam dokumen dan data. Ini adalah sebuah divisi longgar, yang biasanya dipahami pada komputer umum. HTML memiliki beberapa keterbatasan dalam kontras dengan Semantic Web. Hal ini tidak dapat menyajikan data mesin yang dapat dibaca, yang benar-benar tersisa pada browsing di kombinasi mesin pencari. HTML menerjemahkan kata-kata dengan penjelasan yang terbatas sementara Web Semantic dapat mengambil solusi yang selangkah lebih maju sebagai, ia mampu menjelaskan hal-hal yang sewenang-wenang seperti orang-orang, planet dan tempat. Teknologi Berikut berbeda bekerja sama untuk menggantikan arti konten di Web Dunia. 


Mesin data dibaca memungkinkan manajer konten untuk memecahkan struktur dan deskripsi konten. Dengan cara ini mesin mampu membantu komputer dengan cara otomatis. Ini menggunakan proses yang sama seperti analisis manusia seperti inferensi dan makna deduktif. Kebutuhan Semantic Web didasarkan pada asumsi bahwa adalah mungkin untuk mesin untuk melangkah maju dari sekadar melakukan hubungan kata dipesan.

Ide berkembang web sederhana untuk Web Semantic pertama kali disajikan pada tahun 2001, yang langsung diterima dengan antusiasme yang sama dan ide bekerja dengan cepat. Meskipun ide dan format yang mendasari Semantic Web adalah tidak sepenuhnya dipahami dengan baik atau dieksplorasi, namun telah membawa revolusi kristal antara dunia 2001-2007 dari web. Beberapa kira Semantic Web menjadi perpanjangan dari Web 3.0, yang adalah semua didasarkan pada siapa Anda berbicara. Hal ini diasumsikan bahwa Web 3 akan menjadi kombinasi sifat dari Web 2 dengan format sendiri senantiasa meluas dari leksikon dan aplikasi. Definisi dari Web 3.0 adalah sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web generasi ketiga dari layanan internet  berbasis dengan tujuan mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Konsep Web 3.0 adalah dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta.

Web Semantik adalah "web data" yang memungkinkan mesin untuk memahami secara semantik , atau makna, informasi pada World Wide Web. Ini memperluas jaringan hyperlink pada halaman web yang terbaca oleh manusia dengan memasukkan mesin-pembaca metadata tentang halaman yang berada pada web dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain, memungkinkan agen otomatis untuk mengakses web secara lebih cerdas dan melakukan tugas-tugas atas nama pengguna. Istilah ini diciptakan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web dan direktur dari World Wide Web Consortium 
(" W3C "), yang mengawasi pengembangan yang diusulkan standar semantic web. Dia mendefinisikan semantic web sebagai " web data yang dapat diproses secara langsung maupun tidak langsung oleh mesin ".

Istilah "semantic web" pada saat ini sering digunakan lebih khusus untuk mengacu pada format dan teknologi yang memungkinkan hal itu. Teknologi ini termasuk Resource Description Framework ( Rdf ), berbagai format pertukaran data (misalnya RDF / XML , N3 , Turtle , N-Triple ), dan notasi seperti RDF Schema ( Rdfs ) dan Ontology Web Language ( Owl ), yang semuanya dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal dari konsep , istilah , dan hubungan dalam diberikan domain pengetahuan.

Sekian penjelasan mengenai web semantik...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar